Era 4.0

Peran guru dalam mempersiapkan anak muda tangguh di era digital sangatlah krusial. Anak sudah terlahir dengan bakat masing-masing dan untuk mengembangkan bakat tersebut, selain orang tua, guru memegang peranan penting. Guru harus menjadi pendorong anak dalam menemukan bakat minat, mengembangkannya dan pada akhirnya bisa menjadi pegangan dalam hidup anak. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengubah menanamkan pemahaman pada guru bagaimana perbedaan pendidikan dulu dan di era digital saat ini.

Sekretaris IGI Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris DP dan Educational Consultant, Ahmad Rizali, yang menjadi nara sumber pada seminar yang dihelat Sabtu, 2 Maret 2019 tersebut memaparkan data tentang rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, sekaligus memberikan solusi. Solusi yang dimaksud adalah bahwa generasi milenial harus kreatif ( creative), kritis ( critics), komunikatif (communicative), kolaboratif (collaborative), dan percaya diri (confidence) atau disingkat 5C. Sekali lagi, guru menjadi pilar terdepan mempersiapkan anak didiknya menguasai keterampilang abad 21 tersebut.

Bagi Anak SMK sekarang, yang dikuatkan adalah menanamkan 5 C, yang arahnya adalah mengarahkan pada kekuatan kemandirian, kecakapan IT, analisa , wirausaha, dan menjalin kerjasama untuk bersinergi agar semakin kuat menjalankan bisnisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *